Menikmati Seaside View Tamsui Old Street dan Berbelanja di Shilin Night Market

Buat kamu yang butuh inspirasi itinerary di sekitar Taipei, saya sarankan 1 hari untuk menjelajah daerah utara Taipei – Tamsui, Beitou, dan Shilin. Ketiga daerah ini dapat dicapai dengan MRT (Red Line).

Tamsui Old Street terkenal akan pemandangan tepi laut yang dipenuhi kios yang menjajakan snack ringan, souvenir, pusat oleh-oleh, hingga arcade games yang jadi favorit semua anak-anak. Saya senang berbelanja di sini karena selain murah, barang-barangnya otentik dan tidak saya temui di pasar malam lainnya. Makanan dan oleh-oleh di sini tentunya bertemakan seafood; kerupuk ikan, telur pindang, hingga cumi dan udang yang ditusuk dengan sate dan dibakar.

 

Tamsui Old Street - Tree Beside the River
Selalu suka duduk santai sambil menikmati pemandangan alam sekitar (bengong is a bliss)
Tamsui Old Street
Makan siang di Chinese restaurants – karena sendiri, jadi harus share seats with strangers. Wouldn’t mind since the food is pretty cheap!
Tamsui Old Street 3
Coffee shop sekitar jauh lebih rame daripada gerai Starbucks di sini. Saya mah ke sini karena toiletnya paling bersih aja hehe

Jika kamu ada di Tamsui sore hari, tidak ada salahnya mencoba naik Dan Shui Ferry menuju Bali Left Bank atau Fisherman Wharf. Lokasinya sangat bagus untuk dikunjungi menjelang sunset. Biayanya juga murah, hanya NTD$45 untuk pulang pergi ke Bali Left Bank atau NTD$60 untuk sekali jalan ke Fisherman Wharf. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek di https://www.rtaiwanr.com/danshui/danshui-ferry

Tamsui Old Street
Patokan ferrynya di seberang Toko Bubble Tea LATTEA ini

Setelah puas melihat-lihat dan berbelanja, saatnya saya bertolak menuju daerah Beitou. Beitou menjadi pusat wisata yang terkenal karena pemandian air panas alaminya. Lihat catatan khusus perjalanan saya di Beitou di link berikut.

Millenium (Public) Hot Springs Beitou
Lanjut ke Pemandian Air Panas Beitou setelah capek berkeliling Tamsui Old Street

Menjelang malam hari, perut mulai ‘bernyanyi’ ingin mencari jajanan pasar malam. Shilin Night Market menjadi pilihan tepat karena lokasinya sejalan dengan arah pulang ke kota Taipei. Dari stasiun Beitou, kamu bisa turun di stasiun Shilin atau Jiantan. Lokasi pasar malam ini memang sangat luas sehingga dekat ke dua stasiun tersebut. Semua jenis oleh-oleh bisa kamu temui di sini.

Setelah puas berkeliling, saya memilih untuk berbelanja di Miniso. Miniso adalah toko serba ada asal Jepang & China dengan produk yang simpel, berkualitas, namun harganya ekonomis. Variasi produknya lebih beragam ketimbang cabangnya di Indonesia. Saya bisa menemukan produk fashion, elektronik, hingga urusan dapur dan kamar mandi. Lengkaplah sudah jatah oleh-oleh untuk seluruh kerabat saya di Jakarta.

Tentunya saya gak lupa untuk memenuhi misi utama, yakni mencicipi jajanan pasarnya. Membeli makan di shilin membutuhkan kesabaran, karena snack yang enak pasti antriannya panjang. Lihat link berikut untuk review makanan selama saya ke Shilin Night Market.

Fresh Lemon and Orange Juice, Shilin Night Market
The best drinks after a hot day in Taiwan – Fresh Orange Juice!
Chicken Cutlet (新竹家乡碳烤香鸡排)
My favorite snack in Shilin Night Market – Chicken Cutlet!

Ada satu lagi destinasi wisata yang tidak sempat saya kunjungi hari itu, yakni Yangmingshan National Park. Taman Nasional ini terkenal akan padang bunga yang bermekaran indah, dengan jenis bunga yang berbeda setiap musimnya. Karena lokasinya jauh dan areal taman yang luas, dibutuhkan satu hari terpisah untuk mengunjunginya. I’ll write about it on the next post 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s